Pages

Sunday, February 7, 2010

Tutorial Jquery - Getting Started (Part 1)


Kenapa jquery digunakan?
Berawal dari perkembangan website yang semakin dinamik dan interaktif, maka terjadi pula peningkatan penggunaan javascript oleh developer. Dan kemudian programmer javascript mencari cara agar dapat memrogram dengan lebih mudah dan efisien. Akhirnya para developer mencari-cari library javascript yang dapat membantu pekerjaan mereka. Salah satunya adalah jquery.



Yang dapat dilakukan jquery :
1. Mengakses elemen dalam dokumen
Para programmer javascript pasti tahu document.getElementById(). Itu salah satu contoh yang dinamakan akses elemen dokumen. Dengam menggunakan jquery kita akan dimudahkan dalam akses elemen-elemen DOM. Dan jquery memiliki teknik tersendiri sehingga pengaksesan menjadi robust dan efektif.

2. Modifikasi tampilan website
CSS memang menawarkan teknik yang bagus untuk interface suatu halaman website. Hal yang masih menjadi kendala terhadap CSS adalah terjadinya perbedaan standar dalam beberapa browser. Jquery dapat membantu CSS untuk membuat standarisasi tampilan tiap browser

3. Mengubah isi dokumen
Jquery dapat mengubah isi dari elemen-elemen DOM hanya dengan beberapa perintah saja, yang apabila menggunakan javascript native akan membutuhkan effort yang cukup banyak.

4. Respon terhadap aksi pengguna
Dalam javascript hal ini disebut "event". Menggunakan jquery, event-event akan dapat dibuat dengan cara yang elegan. Dan dalam waktu yang sama, jquery juga mengatasi inkonsistensi browser-browser, sehingga mendapatkan hal yang sama dalam setiap browser.

5. Animasi ketika terjadi pengubahan dokumen
Yap, kita tahu sendiri, tampilan atau efek-efek yang menarik dalam website belakangan ini sangat disukai. Jquery membantu kita membuat animasi hanya dengan sintaks yang sederhana, seperti fades atau wipes.

6. Menerima data/informasi dari server tanpa refresh halaman
Kita tahu semua, inilah yang dinamakan AJAX (Asynchronous Javascript And XML). Menggunakan jquery akan sangat memudahkan request ke server secara asinkron.

7. Memudahkan hal-hal umum dalam javascript
Jquery memudahkan kita menggunakan javascript. Misalnya untuk manipulasi array, iterasi dan lain-lain.


Sebagai tambahan informasi, jquery dibuat oleh John Resig pada 14 januari 2006.
Untuk mendapatkan jquery dapat didonlod di development atau compressed. Perbedaan antara yg dev sama kompresan liat sendiri aja ya di kodenya. Mabok ga tu kalo baca yang versi sudah dicompress..hehe.. :P,

OK sekian dulu, nanti lanjut ke part 2

0 komentar: