Pages

Tuesday, June 14, 2011

Tutorial Jquery - Getting Started (Part 2)



Jquery merupakan library yang berupa file javascript. Jquery dapat mempermudah kita dalam memanfaatkan dan menggunakan javascript. Sebelum dapat digunakan, jquery harus di-include-kan terlebih dahulu.
<script type="text/javascript" src="jquery-1.5.2.min.js"></script>

Salah satu keuntungan menggunakan jquery adalah kemudahan dalam mengakses DOM (Document Object Model). Untuk dapat mengakses DOM dengan sempurna, tentu saja semua DOM harus sudah siap untuk diakses. Untuk memastikan semua DOM telah siap diakses, Jquery menyediakan event $(document).ready(). Event ini hampir sama dengan onLoad yang dimiliki oleh native javascript. Bedanya fungsi di dalam $(document).ready() akan tertrigger saat semua DOM telah siap, sedangkan pada onLoad, semua elemen yang ada dalam halaman harus telah selesai terdownload terlebih dahulu, termasuk file gambar.
Salah satu contoh penggunaannya:
<style type="text/css">
 .highlight{
  background-color:lightblue;
 }
</style>


<script type="text/javascript">
 //Tempat script javascript
 $(document).ready(function(){
  $("p#content").addClass("highlight");
 });
</script>
 

$(“p#content”).addClass(“highlight”) akan dijalankan saat semua DOM telah siap. p#content merupakan selector jquery yang sebenarnya sama dengan selector CSS. Script diatas akan menambahkan class highlight ke dalam blok p yang memiliki id content.

Download

0 komentar: